Forum Diskusi

Ketidakpastian areal kawasan hutan

Ketidakpastian areal kawasan hutan

oleh Achmad Suhartanto -
Jumlah balasan: 2

Persoalan ketidakpastian tata batas hutan ini tidak hanya menimpa masyarakat adat ataupun masyarakat lokal yang berdiam dan memanfaatkan lahan dan sumber daya di dalam dan sekitar kawasan hutan, tetapi juga institusi yang memiliki izin usaha kehutanan dan pemerintah. Di tingkat lapangan batas yang berupa patok batas hutan juga seringkali tidak jelas sehingga sulit diverifikasi..

salam kenal, 
Achmad Suhartanto
Penyuluh Kehutanan Kukar



Sebagai balasan Achmad Suhartanto

Re: Ketidakpastian areal kawasan hutan

oleh Pengguna terhapus -

Ini juga sering terjadi, ada contohnya seperti beberapa institusi pendidikan memililki kawasan hutan pendidikan. Pada beberapa tahun awal pal batas sudah ditemtukan yang membatasi kawasan dan areal.masyarakat. beberapa tahun kemudian ketika di adakan pwngecekan ulang pal batas terjadi fenomena dimana pal batas hilang, atau pal batas malah sudah di dalam kebun masyarakat. Bagaimana bentuk konflik dan pendekatan penyelsaiannya akan kita bahas di modul modul.selanjutnya. 

Sebagai balasan Achmad Suhartanto

Re: Ketidakpastian areal kawasan hutan

oleh Anita Makmur -
sebenarnya permasalahan patok yang tidak jelas bukanlah hal yang terlalu urgent, mengingat banyak patok batas hutan yang ada sekarang justru dirusak dan dipindahkan oleh masyarakat atau pihak-pihak yang tidak setuju dengan batas tersebut. Hal yang menurut saya yang paling penting adalah sosialisasi dan penyamaan persepsi tentang pengelolaan hutan antara pemerintah dan masyarakat. Dengan begitu, diharapkan akan mampu memunculkan kesadaran masyarakat terkait pengelolaan kawasan hutan dan batasannya.