Ringkasan topik

  • Diklat Pemetaan Konflik

    SELAMAT DATANG

    Konflik dalam pengelolaan sumberdaya hutan biasanya masih terjadi antara masyarakat yang berada di dalam hutan dan sekitar kawasan hutan dengan pihak pengelola, baik pemerintah maupun swasta. Demi tercapainya kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat, maka konflik perlu diselesaikan secara baik dan adil dengan memperhatikan kepentingan semua pihak secara obyektif.

    Diklat ini dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan sikap kepada para pihak yang berkepentingan agar dapat memetakan konflik sehingga dapat digunakan sebagai bahan untuk melakukan resolusi konflik. Diklat ini berisi tentang pengetahuan dasar konflik pengelolaan sumberdaya hutan, analisis konflik, pemetaan respon para pihak menuju resolusi konflik serta pendokumentasian data konflik.

    Jadwal Pelaksanaan Diklat Online

    Unduh jadwal diklat di sini

    SELAMAT KEPADA CALON PESERTA TATAP MUKA BLENDED LEARNING PEMETAAN KONFLIK

    PESERTA TATAP MUKA
    Sampai bertemu di Balai Diklat Kehutanan Samarinda
                
    Sebelum memulai diklat online, silahkan baca news forum terlebih dahulu
  • KEBIJAKAN TENURIAL

    Kebijakan merupakan rangakaian konsep dan asas yang menjadi pedoman dan dasar rencana dalam melaksanakan suatu pekerjaan, kepemimpinan, dan cara bertindak. Modul ini menjelaskan kebijakan kehutanan tentang kawasan hutan, perundangan dan peraturan tentang penguasaan hutan, dan peraturan tentang pengelolaan hutan.
    Berkas: 2 Forum: 1 Umpan balik: 1
  • KONFLIK SUMBERDAYA HUTAN



    Untuk mengetahui sejarah konflik, pihak-pihak terkait dalam konflik sumberdaya hutan, tahapan konflik serta bentuk atau gambaran konflik.
    Berkas: 2 Forum: 1 Umpan balik: 1
  • ANALISIS GENDER


    Gender dipersoalkan karena secara sosial melahirkan perbedaan peran, tanggung jawab, hak dan fungsi serta ruang aktivitas laki-laki dan perempuan kaitannya dengan pengelolaan sumberdaya hutan. Modul ini mejelaskan perlunya analisis gender dan cara analisis gender.
    Berkas: 2 Forum: 1 Umpan balik: 1
  • ANALISIS SOSIAL

    Analisis Sosial  erupakan sebuah proses atau mekanisme yang akan membahas problematika-problematika yang terjadi pada suatu objek analisa dan pada akhirnya akan menghasilkan apa sebenarnya yang menjadi akar permasalahan atas problematika-problematika tersebut. 

    Modul ini menjelaskan tentang
    kerangka analisis sosial, berbagai unsur masyarakat, cara pemetaan sosial masyarakat, dan menjelaskan sikap asesor konflik.
    Berkas: 2 Forum: 1 Umpan balik: 1
  • RAPID TENURIAL ASSESSMENT (RATA)

    Rata adalah singkatan dari Rapid land Tenure Assessment yang merupakan suatu teknik untuk menentukan akar permasalahan suatu sengketa lahan dengancara menganalisis peran kebijakam dalam suatu sengketa kemudian memberikan pilihan kebijakan yang baru dan intervensi untuk solusi alternatif.

    Berkas: 2 Forum: 1 Obrolan: 1 Penugasan: 1 Umpan balik: 1
  • ANALISIS GAYA BERSENGKETA

    Analisis gaya bersengketa merupakan salah satu alat untuk mengetahui bentuk sengketa dari para pihak atau subjek sengketa. Hasil analisis ini sangat penting sebagai bahan dasar dalam pengambilan keputusan terkait bagaimana bentuk penyelesaian sengketa tersebut.
    Berkas: 2 Forum: 1 Obrolan: 1 Penugasan: 1 Umpan balik: 1
  • PENGELOLAAN DATA KONFLIK

    pengelolaan data konflik kehutanan adalah untuk merekam dan kemudian menstrukturkan timbunan data konflik kehutanan, dan tujuan terpenting dari pengelolaan data konflik adalah membantu mempelajari berbagai aspek dari konflik kehutanan untuk kemudian, mengurangi persoalan, mengenali faktor dan peluang penyelesaian masalah, dan mengupayakan penyelesaian terbaik.

    Modul ini menjelaskan perlunya pengelolaan data konflik, mengenal perangkat lunak pengelolaan data konflik, dan menjelaskan cara penggunaan perangkat lunak pengelolaan data konflik.
    Berkas: 2 Forum: 1 Umpan balik: 1
  • Evaluasi Diklat Pemetaan Konflik


    Umpan balik: 1
  • .