Kategori Pelatihan Teknis
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.

- Pengajar: Zawil Hijri
- Pengajar: B.H. Husain
- Pengajar: Dodi Putra
- Enrolled students: 23
Pelatihan Perhitungan karbon hutan dan penyusunan DRAM dan LCAM dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan, ketrampilan serta sikap kerja bagi pelaksanaan tugas setiap individu yang terlibat langsung ataupun tidak langsung dalam perdagangan karbon hutan dan tata laksana nilai ekonomi karbon.
Materi yang diberikan pada pelatihan ini mencakup kelompok unit kompetensi dan kelompok unit non kompetensi. Materi kelompok unit kompetensi meliputi: menghitung cadangan karbon, menghitung (pelepasan) emisi karbon Hutan, menghitung serapan karbon Hutan, menghitung selisih emisi dan serapan karbon. Sedangkan materi kelompok unit non kompetensi meliputi: bina suasana pelatihan, kebijakan pengendalian perubahan iklim melalui penurunan emisi gas rumah kaca, penyusunan DRAM dan penyusunan LCAM.
Proses pembelajaran dilakukan secara partisipatif dengan menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa, baik secara klasikal, e-learning utuh (full e-learning), atau blended learning sebanyak 48 Jp @ 45 menit yang terdiri dari Pengetahuan (teori) 22 JP dan Ketrampilan (praktik) 26 JP.
- Pengajar: Zawil Hijri
- Pengajar: B.H. Husain
- Pengajar: Dodi Putra
- Enrolled students: 23
- Pengajar: Intan Nurul Aini
- Pengajar: Drs. Helmàn, M.Si
- Pengajar: Mukhamadun S.Hut., MSi
- Enrolled students: 30
- Pengajar: Intan Nurul Aini
- Pengajar: Drs. Helmàn, M.Si
- Pengajar: Mukhamadun S.Hut., MSi
- Enrolled students: 30
- Pengajar: Zawil Hijri
- Pengajar: Dodi Putra
- Enrolled students: 24
- Pengajar: Zawil Hijri
- Pengajar: Dodi Putra
- Enrolled students: 24
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.
Pelatihan ini ditujukan untuk membekali SDM lingkungan hidup dan kehutanan dan/atau Instansi lain yang membutuhkan, baik aparatur maupun non aparatur serta masyarakat yang terpilih agar dapat melakukan pengukuran wilayahnya dengan menggunakan receiver GPS tipe navigasi pada ponsel dan memetakannya secara sederhana dengan perangkat lunak SIG bebas dan terbuka. Proses pembelajaran dapat dilakukan secara team teaching. Proses pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran andragogy.
Terdapat tiga skema yang dapat dipilih untuk pelaksanaan pelatihan ini, yaitu : 1) full klasikal; 2)full e-learning; dan 3) blended-learning. Skema klasikal dilakukan dengan tatap muka di kelas maupun lapangan, yang terdiri dari pelajaran teori dan praktik. Skema full e-learning dilakukan dengan teknik pembelajaran synchronous (melalui video conference, live chat) dan asynchronous (melalui modul/bahan ajar elektronik, forum diskusi, penugasan/quiz). Sedangkan skema blended-learning dilakukan dalam dua fase, yaitu Non Tatap Muka (NTM) dan Tatap Muka (TM). Peserta yang mengikuti fase TM adalah yang berhasil lulus pada fase NTM.
Jumlah JP untuk TM dan NTM pada pembelajaran Blended Learning dan Full E-learning diatur dalam skenario dan jadwal pelatihan.
Di akhir pembelajaran pelatihan, akan di dilakukan evaluasi/ujian bagi peserta pelatihan (metode dapat berupa quiz dan/atau ujian komprehensif).
- Enrolled students: There are no students enrolled in this course.

- Pengajar: Ir. Rahmi Astuti
- Pengajar: Zawil Hijri
- Pengajar: Dr. ROBIN, S.Pd, M.Si
- Pengajar: Yoki Putra Yolanda
- Pengajar: Maria Elisabet Saptaria Feriani, S.Hut., M.Si
- Pengajar: Novri Sisfanto
- Pengajar: Refniza Yanti
- Enrolled students: 41
- Pengajar: Ir. Rahmi Astuti
- Pengajar: Zawil Hijri
- Pengajar: Dr. ROBIN, S.Pd, M.Si
- Pengajar: Yoki Putra Yolanda
- Pengajar: Maria Elisabet Saptaria Feriani, S.Hut., M.Si
- Pengajar: Novri Sisfanto
- Pengajar: Refniza Yanti
- Enrolled students: 41