Skip navigation

Penggunaan SWOT dalam Pemetaan

Metoda analisa SWOT bisa dianggap sebagai metoda analisa yang  paling  dasar, yang  berguna  untuk  melihat  suatu topik  atau  permasalahan  dari  4  (empat) sisi yang berbeda.  Hasil analisa biasanya adalah arahan/rekomendasi untuk mempertahankan kekuatan dan menambah keuntungan  dari peluang yang  ada,  sambil mengurangi kekurangan  dan menghindari  ancaman.    Jika digunakan dengan benar, analisa SWOT akan membantu  kita  untuk  melihat  sisi-sisi yang  terlupakan  atau  tidak  terlihat  selama ini. Analisa  ini  bersifat deskriptif dan terkadang akan sangat subjektif, karena bisa jadi dua orang yang menganalisis sebuah organisasi akan memandang berbeda ke empat bagian tersebut.  Hal ini diwajarkan, karena analisis SWOT adalah sebuah analisis yang akan memberikan  output  berupa arahan dan tidak memberikan solusi “ajaib” dalam sebuah permasalahan.

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan analisis SWOT adalah :

  • SWOT analysis bisa sangat-sangat subjective. Bisa saja terjadi 2 (dua) orang menganalisa 1 (satu) perusahaan yang sama menghasilkan SWOT yang berbeda. Dengan demikian,  hasil  analisa SWOT hanya boleh digunakan sebagai arahan dan bukan pemecahan masalah,
  • Pembuat analisa harus sangat-sangat realistis dalam menjabarkan kekuatan dan kelemahan internal. Kelemahan yang  disembunyikan  atau  kekuatan yang tidak terjabarkan  akan  membuat arahan strategi menjadi tidak bisa digunakan,
  • Analisa harus didasarkan atas kondisi yang sedang terjadi dan bukan situasi yang seharusnya terjadi.
  • Hindari grey areas atau daerah abu abu yang tidak bisa dianalisis benar salah nya.
  • Hindari kerumitan yang tidak perlu dan analisa yang berlebihan. Buatlah analisa SWOT sesingkat dan sesederhana mungkin